• 085255477915
  • sulbardisdukcapil@gmail.com
  • Jl. Abdul Malik Pattana Endeng

RAPAT KERJA PIMPINAN PENGENDALIAN & EVALUASI PELAKSANAAN RKPD/APBD TAHUN ANGGARAN 2023 PROVINSI SULAWESI BARAT

Pada acara Rapat Pimpinan (Rapim) yang di selenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 4 s/d 5 juli 2023 bertempat di BPMP Kabupaten Majene yang di pimpin langsung oleh Bapak Pj. Gubernur Sulawesi Barat Prov. Zudan Arif Fakrulloh dengan seluruh OPD Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.
Dalam kegiatan ini Kadis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat Drs. Muhammad Ilham Borahima, menyampaikan laporan capaian kinerja dan serapan anggaran selama periode semester I tahun 2023 sebagai berikut.
1. Capaian kinerja sebesar 47%. Terdiri atas :
a. Tingkat perekaman KTP-EL sebesar 92,2%
b. Tingkat kinerja akta Kelahiran sebesar 99,32%
c. Tingkat kinerja Kartu Identitas Anak (KIA) sebesar 27,64%.
d. Capaian kinerja Identitas Kependudukan Digitas (IKD) sebesar 6.493 jiwa
e. Capaian kinerja akta kematian 40.954 jiwa
f. Capaian kinerja OPD yang telah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pemanfaatan data kependudukan 12 OPD.
2. Serapan anggaran untuk sampai bulan juni 2023 sebesar Rp. 2.294.921 terdiri atas belanja pegawai (Gaji) dan berlanja operasional.

Dalam mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi pemilu tahun 2024 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Barat telah melakukan strategi peningkatan capaian kinerja dengan berkolaborasi dengan 6 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Se Sulawesi Barat yaitu melakukan program percepatan perekaman KTP-EL dan IKD dengan cara “perekaman jemput bola” di sekolah-sekolah menengah atas, kampus-kampus perguruan tinggi dan lembaga pemasyarakatan (Lapas). Kegiatan ini harus dIlakukan untuk melaksanakan hasil keputusan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Sulawesi Barat yang mana masih terdapat wajib pilih Non KTP sebanyak 46,927 jiwa Wajib pilih pemula yang akan menggunakan hak suaranya pada tanggal 14 februari 2024.
Kadis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Barat Drs. Muhammad Ilham Borahima berharap Pemda 6 Kabupaten Se Sulawesi Barat memberikan dukungan anggaran yang memadai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten masing-masing untuk biaya operasional dan pengadaan peralatan yang baru, dan juga ribbbon, tinta, dan Cleaning kit. Sehingga capaian kinerja nasional kita dapat raih di akhir tahun 2023 sekaligus menuntaskan perekaman wajib pilih Non KTP yang belum memiliki KTP dan IKD di akhir tahun ini kita masih punya waktu 7 bulan untuk menuntaskan target kinerja kita sebelum pemilu tanggal 14 februari 2024 mendatang.

Selain itu juga kita akan melakukan program cleansing data, yaitu data kematian penduduk sebesar 19.598 jiwa dan data ganda sebanyak 16.773 jiwa, jadi jumlah total rencana cleansing data sebanyak 35.118 jiwa, saya merasa yakin dan optimis target ini bisa tercapai dengan kata kunci sinergitas dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder di daerah sampai ke Dirjen Dukcapil dengan slogan “bersama kita bisa meraih kesuksesan dalam melakukan perubahan di Provinsi Sulawesi Barat” amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *