• 085255477915
  • sulbardisdukcapil@gmail.com
  • Jl. Abdul Malik Pattana Endeng

Buka Bimtek Pencatatan Sipil, Ilham Borahima Harap Dinas Dukcapil Polman Segera Jemput Bola Tuntaskan Perekaman KTP el

Polman–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencatatan Sipil di Cafe Batistuta, Manding, Polewali Mandar (Polman), Rabu, 15 Mei 2024.

Bimtek diikuti sebanyak 130 peserta, terdiri dari para kepala desa/lurah dan staf Dinas Dukcapil Polman. Kegiatan ini dibuka Pj. Bupati Polman Ilham Borahima, yang juga Kadis Dukcapil Sulbar.

Dalam arahannya, Pj. Bupati Polman Ilham Borahima mengemukakan, dari jumlah penduduk Polman 488.698 jiwa, sebanyak 14.756 jiwa belum merekam KTP dengan jumlah DP4 sementara sebanyak 348.033 jiwa.

Olehnya itu, Ilham Borahima berharap agar Dinas Dukcapil Polman segera jemput bola berkoordinasi dengan kades/lurah dalam rangka menuntaskan perekaman KTP di kabupaten tersebut.

“Saya berharap segera jemput bola ke lapangan untuk  menuntaskan perekaman ini agar semua masyarakat yang wajib KTP sudah dapat memiliki KTP sesuai DP4 sementara yang sudah disampaikan KPU,” kata Ilham Borahima.

“Saya juga berharap prioritaskan desa atau kecamatan yang jauh dari kota, seperti Tutar, Tapango, Balanipa, Luyo, Limboro dan desa-desa  yang akses darat sulit dijangkau,” sambungnya.

Kepada para kades/lurah, Dia juga berharap  agar terus melakukan sosialisasi di desanya agar seluruh persoalan identitas terkait kependudukan dan pencatatan sipil, seperti akte kelahiran dan buku nikah dapat mereka miliki.

Begitu pula persoalan stunting  agar dapat ditekan dengan mengaktifkan posyandu dan memberikan makanan tambahan untuk kesehatan balita. Dan juga terus berupaya mencegah perkawinan di usia muda bagi anak-anak demi menjaga kesehatan reproduksi dan stunting.

“Dan bagi pasangan yang sudah menikah, tapi belum memiliki buku nikah atau akte perkawinan agar di fasilitasi untuk mendapatkan pengakuan negara melalui Bidang Isbath untuk mendapatkan dispensasi dari Pengadilan Agama,” ucapnya.

Pada kegiatan itu, Pj. Bupati Polman juga sebagai narasumber, dengan memberikan materi terkait kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Sulbar.

Sementara itu, Penanggungjawab Kegiatan, Muhammad Rusdi, Kabid Fasilitasi Pencatatan Sipil selaku Plh. Kadis Dukcapil Sulbar sangat mengapresiasi atas kepedulian para kades dan lurah hadir pada bimtek tersebut, yang terus menerus berusaha membantu menuntaskan  perekaman KTP dan akte kelahiran, akte perkawinan dan lain-lain terkait administrasi pencatatan sipil. 

“Saya berharap agar kades lurah menghimbau masyarakat melalui sosialisasi baliho, pengumuman di masjid atau gereja dan media sosial lainnya,” ujar Rusdi.

Hadir pula dalam bimtek, Kabid Dafduk Dinas Dukcapil Sulbar Ahmad Ibrahim, Kabid Fasilitasi Pencatatan Sipil Dinas Dukcapil Polman Andi Anna bersama para Kabid Dukcapil Polman lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *