• 085255477915
  • sulbardisdukcapil@gmail.com
  • Jl. Abdul Malik Pattana Endeng

Dinas Dukcapil Sulbar Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Gelar Bimtek Pengamanan Data di Pasangkayu yang dihadiri seluruh ADB Dukcapil Sulbar

Pasangkayu–Dinas Kependudukan dan Pencatatatn Sipil (Dukcapil) Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengamanan Data, Kamis 25 April 2024.

Bimtek tersebut dilaksanakan di Aula Resto Doyan Ayam Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, yang dibuka Plh. Kadis Dukcapil Sulbar Muhammad Rusdi dan dihadiri seluruh Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data serta Administrator Data Base (ADB) Dinas Dukcapil se- Sulbar. Kegiatan ini menghadiri pemateri dari Ditjen Dukcapil Kemendagri Dalam Negeri secara daring.

Adanya kegiatan ini bertujuan untuk dapat dimanfaatkan sebagai salah satu upaya untuk membantu melindungi data sensitif, memahami konteks aktivitas dan data pengguna, serta mencegah penggunaan data yang tidak sah atau kehilangan data.

Plh. Kadis Dukcapil Sulbar, Muhammad Rusdi mengatakan, Bimtek Pengaman Data tersebut bertujuan memberikan bimbingan dan pemahaman kepada peserta pentingnya keamanan data yang tidak dapat diabaikan di era meningkatnya ancaman keamanan cyber crime dan resiko kebocoran data dari dalam institusi sendiri .

“Sehingga dengan bimtek ini diharapkan para ADB mampu menjaga dan melindungi data pribadi sensitif seseorang,” kata Rusdi.

Sementara, Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Dinas Dukcapil Sulbar, Imran mengatakan , melihat kemajuan ilmu dan teknologi informasi banyak sekali orang yang menggunakan data yang dikhawatirkan tidak sesuai dengan fakta yang ada. 

“Untuk itu, Dinas Dukcapil Sulbar merasa perlu melakukan pengamanan data,” pungkas Imran.

Imran mengaku sangat bangga dengan kehadiran Kabid dan ADB se-Sulbar dalam bimtek tersebut, yang sangat serius mengikuti kegiatan itu.

“Saya bangga teman-teman dari Kabid dan ADB se-Sulbar yang sempat hadir dan sangat serius karena ada beberapa ilmu baru yang bisa didapat dari narasumber,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *